Sabtu, 02 April 2011

Alanda : Ibu, 10 tahun penjara, 10 Milyar

Tadi pagi, Rabu (9/2) tersebar blog seorang mahasiswi bernama Alanda Kariza di Twitter. Ada apa dengan blog ini? Isi dari blog ini membuat hati kita trenyuh dan membuat kita bertanya-tanya tentang makna keadilan di negara ini. Alanda mengisahkan tentang ketidakadilan yang dialami olehnya dan keluarganya. Ibunya seorang karyawan di Bank Century, kini sedang menghadapi tuntutan jaksa selama 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar, jauh lebih berat dari vonis yang dijatuhkan hakim kepada mafia pajak Gayus Tambunan dan pemilik Century yang menggangsir banknya sendiri, Robert Tantular.

Di dalam blognya, Alanda menceritakan bagaimana hidup keluarganya yang naik turun. Ayahnya sempat juga bekerja di Bank Century dan Alanda pun menulis buku untuk menambah penghasilan keluarga, namun ibunyalah yang menjadi tulang punggung keluarga. Alanda yang ingin membuat Ibunya bangga, harus hancur hatinya karena ibunya dijadikan tersangka dengan tuntutan penjara 10 tahun dan denda Rp 10 miliar. Padahal Gayus Tambunan, yang korupsi besar-besaran, hanya dituntut 7 tahun penjara dan denda hanya Rp 300 juta. Robert Tantular, malah hanya dituntut 8 tahun penjara.

Ibunya tidak pernah membatasi dirinya untuk melakukan sesuatu yang berguna. Alanda mengisahkan, “Atas nama Indonesia, saya dulu pergi ke forum Internasional Global Changemakers. Atas nama Indonesia, saya mengikuti summer course di Montana. Untuk Indonesia, saya memiliki ide dan mengajak teman-teman menyelenggarakan Indonesian Youth Conference 2010. Indonesia yang sama yang membiarkan ketidakadilan menggerogoti penduduknya. Indonesia yang sama yang membiarkan siapapun mengkambinghitamkan orang lain ketika berbuat kesalahan, selama ada uang. Indonesia yang sama yang menghancurkan mimpi-mimpi saya.”

“Saya mohon doanya buat Ibu, walau mungkin Anda tidak pernah mendengarnya. Ia berjasa besar buat saya, dan saya yakin, bagi banyak orang di luar san. Beliau membutuhkan doa, dukungan, dan bantuan dari banyak orang.” katanya di akhir-akhir blognya dan terakhir dia mengatakan, “I just want her to stay with me… instead of behind those scary bars. I just want her to witness everything that I will achieve in the future. I just want her to see my little sisters grow up, beautifully. I just want her to always be there around the dining table, and we’ll have dinner together. I just want her to cook again for the whole family on Sunday mornings. I just want her to let me drive for her when she has to go somewhere. I just want her to listen to my stories about my boyfriend, my friend, campus life, or silly little things. I just want her here… Here.”

Anda dapat langsung membaca curhatan hatinya yang berjudul “Ibu, 10 Tahun Penjara, 10 Milyar Rupiah” di blog pribadinya alandakariza.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar